Kamis, 02 September 2010

Permainan-permainan Team Building

Berikut ini disajikan ringkasan beberapa permainan ( team building games) yang biasa dipakai dalam training-training outbound atau team building training. Untuk posting-posting selanjutnya kami akan menyajikan games-games ini secara lebih detail..meliputi deskripsi, manual dan tujuan-tujuan dan makna dari setiap games ini.
Indosdm membuka kesempatan dan meminta kesediaan buat rekan-rekan anggota komunitas untuk berpartisipasi sebagai team penerjemah untuk proyek ini. Bagi yang bersedia menyisihkan waktunya terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih
Ikuti forum diskusi untuk topic games team building ini di Forum Indosdm
Atau hubungi saya di YM ID : avisdjamal atau Skype avisdjamal untuk diskusi

ALMOST INFINITE CIRCLE
Permainan :
Peserta diminta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali pasangannya, dimana tali tersebut masing-masing terikat di kedua pergelangan tangan masing-masing orang.
Aturan Main :
  • Tidak boleh memotong tali.
  • Tidak boleh membuka simpul yang mengikat ke pergelangan tangan.
###
GRASS IN THE  WIND
Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan merubuhkan diri ke arah rekan kelompok  yang berdiri   di sekeliling nya ; dan rekan-rekan yang lain menahan dan kemudian mendorongnya  ke arah yang  lain.
Aturan Main :
  • kelompok membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan di depan dada
  • satu anggota kelompok  berdiri di  pusat lingkaran.
  • peserta yang di tengah menjatuhkan  badan seperti kayu tumbang, dengan kaki yang tidak berpindah dan tetap rapat.
  • sisa kelompok yang  ada  bertugas menahan kemudian mendorongnya ke arah yang lain.
###
TRUST FALL
Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan menjatuhkan diri ke belakang dari sebuah platform yang tersedia dan rekan-rekan yang lain menangkapnya di bawah.
Aturan Main :
  • Yang Jatuh adalah mereka yang akan menerima aba-aba untuk menjatuhkan dirinya ke belakang dari Fasilitator.
  • Yang Menangkap adalah mereka yang menangkap Yang Jatuh.
  • Peserta yang akan menjatuhkan diri harus menanggalkan jam tangan, cincin atau kacamatanya terlebih dahulu.
  • Peserta yang menjatuhkan dirinya harus berdiri tegak dan kaku. Kedua tangan di samping badan atau terlipat di dada sambil memegang pundak. Berdiri membelakangi rekan-rekan yang akan menangkap.
  • Ketika menjatuhkan diri ke belakang, peserta dilarang membuka tangannya sehingga tidak memukul rekan yang menangkap di bawah.
  • Peserta yang menangkap membentuk dua barisan rapat, yang saling berdiri berhadapan dengan jumlah anggota barisan yang sama serta bahu saling bersinggungan dengan rekan sebaris. Masing-masing barisan membentuk bantalan mendarat yang kuat dan lentur dengan cara merentangkan tangan ke depan sejajar dengan bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan masing-masing tangan direntangkan berselang-seling dengan rekan pada barisan di depan.
  • Peserta yang menangkap dilarang mengepalkan tangan ketika menangkap.
###
X – Y Games
Permainan :
Setiap kelompok mewakili sebuah divisi  dalam perusahaan.  Tujuan kelompok adalah memaksimalkan keuntungan (profit) divisi.
Aturan Permainan
  • ke  4  kelompok dipisahkan   dari yang lain  dan tidak diperbolehkan berkomunikasi sepanjang  permainan
  • permainan dijalankan dalam beberapa putaran.  Untuk Setiap  putaran divisi harus  memilih  “X” atau  “Y”.  dilarang melanjutkan   putaran sebelum semua  divisi menentukan pilihannya
  • dalam  tiap putaran  ,  tiap divisi akan untung atau rugi  berdasarkan kombinasi  dari pilihan –pilihan tiap divisi  (lihat  profit/loss scoring table)
  • keunttungan dan kerugian akan dikumulasi. Catatan :  pada putaran  ke 5,  nilai akan  dikalikan 3 dan pada  putaran  8  dikalikan  5,  dan di putaran 10 dikalikan 10.
  • keputusan divisi memilih X atau Y didasarkan pada  kesepakatan  semua anggota divisi
    • tiapa anggota kelompok  harus memilih
    • gunakan aturan suara mayoritas
  • saat  divisi sudah memilih,  beritahu  kepada  fasilitator pilihan  tersebut. Jika  semua  divisi sudah  menentukan pilihan, wakil kelompok maju ke tempat yang ditentukan untuk kemudian menunjukkan pilihan divisi mereka masing-masing.
  • lihat kombinasi  pilihan  yang  ada, masukan skor. Lanjutkan ke putaran berikutnya
  • waktu tiap putaran  hanya   kurang lebih 2  minutes
###
TOXIC WASTE
Permainan :
Tim harus memindahkan cairan beracun dari satu container ke container yang lain.
Aturan Main :
  • Peserta tidak boleh berbicara satu sama lain.
  • Alat bantu yang dapat digunakan hanya berupa tali-tali yang tersedia.
  • Tidak boleh memasuki area radiasi, bila ada seorang peserta yang menginjak maka permainan harus diulang dari awal lagi.
  • Cairan tidak boleh tumpah, apabila tumpah permainan diulang dari awal.
  • Dianggap selesai bila tali-tali yang dipergunakan kembali keluar lingkaran.
Tipe      : Strategic Game
Target   : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
###
SPIDER WEB
Permainan :
Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain.
Aturan Main :
  • Tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui.
  • Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.
  • Tidak boleh melakukan lompatan.
Tipe      : Strategic Game
Target   : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
###

TOWER BUILDING

Tugas :
  • Tim harus bekerja sama membangun sebuah menara dari alat/bahan yang disediakan
  • Kelompok juga diminta untuk mengambil benda tertentu yang berada di udara.
  • Tim juga harus membuat bendera dan memasangnya di ujung tower
sumber http://indosdm.com/permainan-permainan-team-building-ringkasan

17 komentar:

  1. 1. Boom 7
    Peserta diharuskan berhitung jika ketemu angka dan kelipatan 7 harus menyebutkan boom.
    Contoh : 1,2,3,4,5,6,boom,8,9,10,11,12,13,boom,15,16,boom, dan seterusnya…
    Jika peserta yang melanggar akan diberi sanksi yakni dikerjain.
    Tujuan : untuk melatih konsentrasi dan daya ingat para peserta.

    2. Puzzle
    Peserta / kelompok diharuskan memasang gambar yang susunannya diacak. Intinya sih sama seperti main puzzle biasa, Tapi ini dibutuhkan kecepatan dan ketelitian dalam memasangnya. (soalnya di puzzle itu ada keywordnya dan diberi waktu hanya 1 menit).
    Alat yang digunakan : puzzle dan kertas.
    Tujuan : untuk melatih daya pikir, ketelitian dan kecepatan tangan.

    3. Komunikata
    Salah satu peserta dari kelompok memilih kalimat, lalu kalimat tersebut diaplikasikan ke kelompoknya. Caranya kalimat tersebut harus dibisikan berurutan ke teman kelompoknya dengan cara berbanjar / baris memanjang. Peserta yang paling ujung harus memberikan hasil kalimat yang telah dibisikan ke panitia.
    Tujuan : untuk melatih daya pendengaran, daya pengucapan, dan daya ingat.
    4. Pipa Korupsi
    Setiap kelompok diharuskan mengisi air ke dalam pipa yang sisi pipanya sudah diberikan lubang kecil. Kelompok yang dapat mengisi air lebih banyak ke dalam pipa dalam waktu 10 menit maka ia adalah pemenangnya.
    Tujuan : untuk melatih tingkat kerjasama tim, kekompakan, kekreatifan dan daya nalar peserta.

    BalasHapus
  2. 5. Langkah Misteri
    Awalnya setiap peserta dalam kelompok harus menghadap membelakangi kotak angka 1-20, lalu peserta bergiliran jalan menebak beberapa kotak angka dari 1-20. Agar mereka dapat berjalan hingga ke angka 20, setiap peserta harus menebak kotak tersebut ada yang bisa dilalui dan tidak dapat dilalui. Jika peserta melewati kotak yang tidak dapat dilalui maka ia harus mengulang lagi dan mengantri ke urutan terakhir.
    Alat yang digunakan : Karton / Koran yang di beri nomor 1-20 dan kertas.
    Tujuan : untuk melatih daya ingat, kerjasama tim, dan daya nalar.

    6. Lingkaran Setan
    Semua peserta dalam kelompok harus menyentuh bola plastik yang ada di tengah lingkaran dengan dengan syarat tidak diperbolehkan anggota tubuh menyentuh garis lingkaran dan setelah panitia berkata “mulai” maka anggota kelompok mulai melepaskan tangannya dari menyentuh bola sesuai urutan giliran dalam lingkaran tersebut. Bagi yang terakhir harus mengambil bolanya keluar lingkaran tersebut.
    Tujuan : untuk melatih kekompakan, daya nalar, dan kerjasama tim.

    7. Jejak Maut
    Dalam satu tim diharuskan menunjuk satu orang yang menjadi leader dan anggota sisanya harus siap untuk ditutup matanya satu persatu. Setiap anggota kelompok bergantian harus jalan melewati rintangan yang berupa gelas aqua, kardus, dan sandal dengan mata ditutup kain / slayer dan orang yang menjadi leader harus memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang matanya tertutup hingga ia dapat mencapai garis finish. Tetapi saat leader dari satu kelompok memberikan instruksi, panitia dan musuh dari kelompoknya dibolehkan memberikan instruksi juga sehingga konsentrasi dari peserta yang ditutup matanya menjadi buyar.
    Syarat : kelompok yang sedang bermain harus ditutup matanya, kecuali orang yang menjadi leader.
    Tujuan :
    untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
    untuk melatih diri agar siap untuk dipimpin
    untuk melatih seseorang dalam jiwa kepemimpinan
    untuk melatih seberapa dekat mengenal suara teman kita dalam satu kelompok

    8. Trust your Friend
    Permainan ini hampir sama dengan permainan di atas, yakni Seluruh mata anggota kelompok ditutup kain / slayer kecuali satu orang yang menjadi leader. Panitia akan mengacak peserta yang ditutup matanya hingga berpencar satu sama lain. Seorang leader bertugas memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang ditutup matanya dan diharuskan membuat lingkaran kecil didepannya dan saling berpegangan. Ketika leader memberikan instruksi, panitia berusaha membuyarkan daya pikir mereka dengan cara panitia memberikan instruksi juga dan mengatur gerakan mereka.
    Tujuan :
    Untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
    Untuk melatih jiwa kepemimpinan terhadap seorang
    Untuk melatih tingkat kekompakan dan kerjasama tim

    BalasHapus
  3. 5. Langkah Misteri
    Awalnya setiap peserta dalam kelompok harus menghadap membelakangi kotak angka 1-20, lalu peserta bergiliran jalan menebak beberapa kotak angka dari 1-20. Agar mereka dapat berjalan hingga ke angka 20, setiap peserta harus menebak kotak tersebut ada yang bisa dilalui dan tidak dapat dilalui. Jika peserta melewati kotak yang tidak dapat dilalui maka ia harus mengulang lagi dan mengantri ke urutan terakhir.
    Alat yang digunakan : Karton / Koran yang di beri nomor 1-20 dan kertas.
    Tujuan : untuk melatih daya ingat, kerjasama tim, dan daya nalar.

    6. Lingkaran Setan
    Semua peserta dalam kelompok harus menyentuh bola plastik yang ada di tengah lingkaran dengan dengan syarat tidak diperbolehkan anggota tubuh menyentuh garis lingkaran dan setelah panitia berkata “mulai” maka anggota kelompok mulai melepaskan tangannya dari menyentuh bola sesuai urutan giliran dalam lingkaran tersebut. Bagi yang terakhir harus mengambil bolanya keluar lingkaran tersebut.
    Tujuan : untuk melatih kekompakan, daya nalar, dan kerjasama tim.

    BalasHapus
  4. 7. Jejak Maut
    Dalam satu tim diharuskan menunjuk satu orang yang menjadi leader dan anggota sisanya harus siap untuk ditutup matanya satu persatu. Setiap anggota kelompok bergantian harus jalan melewati rintangan yang berupa gelas aqua, kardus, dan sandal dengan mata ditutup kain / slayer dan orang yang menjadi leader harus memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang matanya tertutup hingga ia dapat mencapai garis finish. Tetapi saat leader dari satu kelompok memberikan instruksi, panitia dan musuh dari kelompoknya dibolehkan memberikan instruksi juga sehingga konsentrasi dari peserta yang ditutup matanya menjadi buyar.
    Syarat : kelompok yang sedang bermain harus ditutup matanya, kecuali orang yang menjadi leader.
    Tujuan :
    untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
    untuk melatih diri agar siap untuk dipimpin
    untuk melatih seseorang dalam jiwa kepemimpinan
    untuk melatih seberapa dekat mengenal suara teman kita dalam satu kelompok

    8. Trust your Friend
    Permainan ini hampir sama dengan permainan di atas, yakni Seluruh mata anggota kelompok ditutup kain / slayer kecuali satu orang yang menjadi leader. Panitia akan mengacak peserta yang ditutup matanya hingga berpencar satu sama lain. Seorang leader bertugas memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang ditutup matanya dan diharuskan membuat lingkaran kecil didepannya dan saling berpegangan. Ketika leader memberikan instruksi, panitia berusaha membuyarkan daya pikir mereka dengan cara panitia memberikan instruksi juga dan mengatur gerakan mereka.
    Tujuan :
    Untuk melatih rasa kepercayaan kepada teman kita
    Untuk melatih jiwa kepemimpinan terhadap seorang
    Untuk melatih tingkat kekompakan dan kerjasama tim

    BalasHapus
  5. 10. Kotak Berganda
    Seluruh anggota harus dapat masuk dalam kotak yang ukurannya mulai besar hingga kecil. Dan seluruh anggota dilarang keluar kotak / garis yang ditentukan oleh panitia. Peserta harus bertahan di kotak terakhir / kotak terkecil selama 30 detik.
    Tujuan : untuk melatih rasa solidaritas, kekompakan dan kebersamaan

    11. Kertas Panas
    Setiap peserta kelompok diharuskan melipat sebuah kertas menjadi 10 sisi (tergantung jumlah anggota kelompok) di sisi pertama dituliskan nama anda masing-masing. Setiap peserta diharuskan mengisi setiap sisi tentang pandangan mereka terhadap peserta yang bersangkutan dalam waktu 10 detik / peserta kelompok dengan cara kertas diputar secara bergilir.
    Alat yang digunakan : kertas dan pulpen / pensil.
    Tujuan : untuk mengetahui pandangan rekan sekelompok terhadap diri peserta.

    12. Botol Metal
    Satu kelompok akan diberikan 5 bola kertas yang harus dilemparkan ke botol yang telah disediakan panitia. Peserta dalam melemparkan bola kertas akan diberikan jarak 10 meter.
    Alat yang digunakan : botol beling dan bola kertas / bola koran.
    Tujuan : untuk melatih tingkat ketepatan peserta dalam menganalisa suatu masalah

    13. Konsentrasi Style
    Setiap peserta harus menghapalkan semua nama gerakan yang diberikan panitia, jika panitia menyebutkan kata yang diinginkan maka peserta harus menunjukan salah satu gerakan yang tak disebutkan. (intinya hampir sama permainan pundak lutut kaki).
    Tujuan : untuk melatih konsentrasi

    BalasHapus
  6. Terima kasih, lagi butuh untuk tugas kuliah saya... semoga berhasil...

    BalasHapus
  7. sama2 terima kasih juga telah mengunjungi blog saya :)

    BalasHapus
  8. Trims ya mba Clara................. buat bahan games pelatihan saya GBU


    Widjanarko

    BalasHapus
  9. keren, bisa jadi inspirasi buat acara d kampus, thx mba

    BalasHapus
  10. terima kasih atas infonya mbak clara...sangat membantu.
    @tetaptopan

    BalasHapus

tinggalkan komentar Anda